Penurunan Saham Apple Setelah Kemunculan Produk Baru

seputartekno-Penurunan Saham Apple Setelah Kemunculan Produk Baru-1

Pengumuman peluncuran produk baru Apple, yaitu iPhone 5S dan iPhone 5C yang dilakukan pada 10 September yang lalu justru disusul dengan turunnya saham Apple sebesar 5 persen pada saat perdagangan pagi di hari berikutnya. Kabar ini di kutip dari sumber Business Insider, yang  memberitakan tentang kekecawaan para investor terhadap harga produk Apple itu yang masih terlalu mahal. Padahal di berbagai pemberitaan sebelumnya disebutkan bahwa iPhone 5S dan 5C ini di produksi untuk menyasar segmen pasar menengah.

Tetapi ternyata  dengan dibandrol harga sebesar 549 dollar AS dan 733 dollar AS di China, ponsel pintar ini pda akhirnya hanya akan menyusul ponsel-ponsel keluaran Apple sebelumnya menjadi ponsel pintar kelas high-end.

seputartekno-Penurunan Saham Apple Setelah Kemunculan Produk Baru-1Padahal ponsel pintar terbaru Apple ini bodinya menggunakan bahan plastik yang seharusnya dapat menurunkan harganya menjadi lebih murah. Sehingga seharusnya margin bagi keuntungan Apple bisa meningkat jika bisa menyasar pengguna ponsel pintar kelas menengah yang pangsa pasarnya lebih luas. Ditambah lagi dengan rencana mereka untuk mulai memasarkan casing iPhone 5S dan 5C tersebut dalam rangka untuk bisa menambah keuntungan.

Tetapi, masalah yang harus dimiliki oleh Apple saat ini adalah dengan tantangan dari Android yang terus menekan mereka,  Apple terlihat tidak berusaha meningkatkan pangsa pasarnya dengan meluncurkan produk terbaru mereka kemarin. Ponsel Iphone versi murah yang banyak diulas oleh media ternyata tidak terbukti. Hal ini dinilai dari harga yang ternyata tetaplah mahal sehingga potensi pasar di kelas menengah tetap kesulitan untuk beralih ke Iphone.

Pada kuartal ke 2 tahun 2013 ini, dari data yang dilansir oleh IDC menunjukkan bahwa Apple hanya mampu meraih 13,2 persen pasaran ponsel pintar, kalah jauh dari Andorid yang mampu merebut 80 persen pasar ponsel pintar dunia. Dan diyakini bahwa Andorid masih akan bertahan dan bisa jadi akan semakin berkembang jika Apple tidak melakukan perubahan-perubahan dalam strateginya di dalam persaingan yang sengit di pasar ponsel pintar.

Sumber

Dibaca 601 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>