Printer 3D yang Mungil dan Murah, iBox Nano

6. Printer 3D yang Mungil dan Murah, iBox Nano

Sebuah perusahaan asal Malbourne, Australia mencoba memberikan inovasi baru dengan membuat 3D printing. Di website Kickstarter, sang developer menawarkan alternatif unik di wilayah 3D printing melalui produk perdana mereka.

3D printing memang bukan lagi hal baru. Kita sudah menyaksikan beragam inkarnasi printer 3D, dari mulai berbentuk pulpen hingga yang mampu menghasilkan cetakan paling detail. Namun tim iBox Printer berhasil menemukan sebuah celah di pasar itu. Printer 3D yang berukuran kecil dengan harga terjangkau, bahkan diklaim mesin pencetak resin paling mungil dan murah di dunia.

Itulah iBox Nano. Meskipun menggunakan huruf “i” bukan berarti ini bagian dari produk Apple. Ukurannya memang lebih kecil, sehingga cocok untuk mencetak berbagai produk dengan ukuran yang pas dengan dimensi hanya 4x3x8x inci dan berat 1,3 kg. Menurut seorang teknisinya, iBox Nano dapat terhubung ke semua perangkat yang memiliki app browser, termasuk PC dan device mobile. Ia terkoneksi via Wi-Fi (kabel USB sebagai pelengkap), tanpa instalasi software dan dijanjikan sangat mudah digunakan.

6. Printer 3D yang Mungil dan Murah, iBox Nanoc

Menariknya lagi iBox Nano dilengkapi dengan baterai isi ulang yang bisa bertahan hingga 10 jam. Dan dilengkapi koneksi WiFi agar praktis saat digunakan dengan berbagai perangkat web browser seperti iPhone, iPad, atau perangkat Android, PC atau Mac.

Walau bentuknya kecil dan diperuntukkan bagi pekerjaan rumahan, iBox Nano ini mampu mencetak obyek dalam ukuran 328 mikron di atas sumbu X-Y dan yang paling kecil hingga 0.39 mikron di atas sumbu Z. Artinya ia bisa membuat obyek berdimensi 10,16 cm x 7,62 cm x 20,32 cm.

iBox Nano memanfaatkan sistem laser cutting akrilik, material ini terbukti 17 kali lebih tangguh dari kaca. Pengembangnya berpendapat, kebanyakan konsumen membeli 3D printer besar hanya untuk mem-print objek-objek kecil. Harganya pun cukup terjangkau, hanya $ 299 atau sekitar 3,6 juta rupiah sedangkan printer 3D yang lain bisa dihargai puluhan juta rupiah.

6. Printer 3D yang Mungil dan Murah, iBox Nanob

Dibaca 400 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>