Game Indonesia untuk Feature Phone Mampu Sedot Jutaan Download

Game Indonesia untuk Feature Phone Mampu Sedot Jutaan Download

Perangkat ponsel fitur (feature phone) ternyata masih diunggulkan ditengah gempuran perangkat smartphone. Kita bisa lihat di akhir 2013 kemarin ponsel fitur mampu menghasilkan uang yang sangat banyak. Aplikasi game lokal juga turut merasakannya yang berhasil meraih angka jutaan download pada ponsel fitur keluaran Nokia.

Game Indonesia apa saja yang mendapat jutaan download?

Game Indonesia untuk Feature Phone Mampu Sedot Jutaan Download

Sebut saja aplikasi game lokal yang bernama Skyburner yang dinyatakan berhasil meraih pendapatan mencapai lebih dari Rp 1 miliar untuk tim pengembangnya yaitu Studio Independent. Bahkan game Skyburner ini dikembangkan khusus untuk ponsel Nokia yang berbalut sistem operasi S40. Pihak Skyburner mengungkapkan pendapatan besar mereka diraih berdasarkan konten digital (in-app purchase) yang diusung. Konten yang ditawarkan berbentuk koin digital dengan harga mulai dari Rp 2.000 hingga Rp 15.000. koin digital ini dapat digunakan sebagai alat pembayaran seperti pembelian item maupu konten dalam game tersebut.

Menurut Narendra Wicaksono selaku Developer Manager Nokia di Asia Tenggara, aplikasi game di ponsel fitur masih bisa berkembang dan mampu meraih uang dalam jumlah fantastis, asal fokus dan jitu menentukan target pasar. Jumlah unduhan game dengan jumlah yang sangat besar ini dapat dilihat di Nokia Store yang terbagi dalam 3 kategori yakni 1 juta download, 2 juta dan 3 juta download. Ketiganya dikuasai oleh para pengembang asal Indonesia. Untuk angka 1 juta download ada 3 pengembang asli Indonesia yaitu Agate Studio, DyCode, dan Condetsoft.

Selanjutnya di angka 2 juta download terpampang pengembang seperti ChocoArts, Inspirare Dev, dan TechnoChez. Tidak sampai disitu di angka 3 juta download ada Own Games, Kabita Studio, dan Wonge yang masih pengembang asli Indonesia.

Kabarnya aplikasi yang terdapat dalam feature phone ini bersaing ketat dengan platform yang masih dalam naungan Nokia yaitu Windows Phone. Kesimpulannya, hingga kini perangkat ponsel fitur atau feature phone masih menguntungkan untuk pasar Indonesia.

Saya saja tidak menyangka setelah membaca kabar ini, karena diantara platform Android yang sangat populer, aplikasi game dalam ponsel fitur masih mendapat tempat oleh para pengguna ponsel fitur.

Sumber: Dailysocial

Dibaca 441 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>