Tanda-Tanda Kecanduan Internet

Memasuki era modern, orang dewasa maupun anak-anak yang kecanduan internet dan game sepertinya sudah menjadi pemandangan yang tidak aneh lagi. Bahkan anak di bawah umur yang berada dalam usia balita atau bawah lima tahun pun, nampaknya turut menjadi korban kecanggihan dari internet. Sangat disayangkan sekali jika generasi muda seperti mereka justru menjadi kecanduan dengan internet seperti bermain game online dan sebagainya. Sebenarnya kondisi seperti ini bukanlah kesalahan dari si anak melainkan dari orangtuanya yang memiliki aktivitas tinggi dan ingin menggantikan bentuk perhatian mereka dengan teknologi internet.

Dampak kecanduan internet untuk anak ini sangatlah banyak dan merugikan. Selain tidak bagus untuk mata anak, ternyata kecanduan internet ini memicu beberapa hal seperti susahnya mereka mencapai konsentrasi untuk belajar. Bahkan mereka akan mengalami masalah perhatian dan juga mengalami gangguan tidur. Di samping itu, anak yang sudah kecanduan dengan game internet ini umumnya mengalami penurunan nafsu makan sebab mereka terlalu asyik dengan game onlinenya. Dan yang lebih tidak baik lagi adalah akan terjadinya masalah obesitas pada anak.

kecanduan internet, tanda-tanda kecanduan internet

Bahkan dari beberapa situs media mengabarkan jika seorang balita berjenis kelamin perempuan asal Inggris ini harus melakukan sejumlah terapi sebab mengalami kecanduan internet. Kedua orang tuanya baru menyadari bahwa putrinya mulai mengalami tekanan dan sulit sekali diajak berkomunikasi dengan baik. Bukan hanya itu saja, bentuk depresi dari si anak tadi berujung pada sikap anak yang mudah marah dan juga cenderung cengeng setelah iPad nya diambil oleh orang tuanya.

Mungkin sedikit berbeda jika kecanduan internet ini terjadi pada orang dewasa, sehingga dampak yang ditimbulkan tidak terlalu buruk seperti yang terjadi pada anak. Umumnya gejala kecanduan internet pada orang dewasa ini seperti sering begadang hingga tengah malam dalam menggunakan internet. Mereka juga mudah sekali merasa kesal bilamana akses internet agak lambat atau istilah mereka lelet.  Di samping itu kehidupan mereka juga lebih individu dan kurang bersosial dengan masyarakat. Dan bahkan mereka kurang bisa membagi waktu untuk urusan pekerjaan maupun akademik.

Dibaca 445 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>