Sudahkah Cara Charging Handphone Anda Tepat?

charger

Dari zaman hape yang seukuran sepatu, sampe sekarang yang besarnya sama dengan permen cokelat batangan, banyak sekali beredar mitos seputar batere hape dan cara charge-nya. Dan tak jarang mitos-mitos ini sulit dibuktikan dengan fakta sehingga banyak pemakai handphone ataupun gadget yang bingung dibuatnya.

Kadang, para penjual handphone sendiri tak tahu mana yang mitos, yang mana yang fakta. Jadi konsumen pun ikutan bingung. Mau dilakoni takut rusak, tapi kalau tak dilakoni juga takut rusak. Buah simalakama jadinya. Nah, untuk menghindari hal tersebut, simak penjabaran sederhananya di bawah ini!

Handphone Baru Di-Charge 8 Jam?

Sampai sekarang, masih banyak penjual handphone yang mewanti-wanti pembelinya untuk mengisi daya selama 8 jam dulu sebelum pemakaian pertama. Padahal hal ini hanya berlaku untuk handphone jaman dulu yang baterenya masih berbahan Nickel-metal Hydride (Ni-MH), cara ini memang tepat digunakan untuk mengoptimalkan kapasitas dan kemampuan baterai. Namun, saat ini sudah tidak relevan berhubung mayoritas handphone sudah beralih ke batere berbahan berbahan Lithium Ion (Li-ion) atau Lithium Polymer (Li-poly).

charger2

Tunggu Sampai Daya Habis Total?

Lagi-lagi mitos yang dasarnya adalah handphone jadul. Cara ini memang tepat kalau handphone yang anda gunakan masih menggunakan baterai berbahan Ni-MH. Tapi, kalau ponsel ada sudah menggunakan Li-ion atau Li-poly, jelas beda perkaranya! Kedua baterai jenis baru ini sebaiknya tidak di-charge di bawah kapasitas 15%. Inilah alasan mengapa banyak handphone zaman sekarang mengeluarkan warning ketika batere sudah mencapai kapasitas 15%.

Ditinggal Tidur

Kalau yang ini, murni tergantung sama kualitas handphone anda. Rata-rata handphone sudah dibekali dengan chip yang bisa memutus arus ketika batere penuh. Jadi, anda harus cermat terlebih dahulu apakah handphone anda punya chip yang dibutuhkan atau tidak. Jika handphone anda memiliki chip ini, bisa dipastikan mau di-charge selama apapun handphone anda, baterenya akan tetap awet.

Dibaca 243 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>