Kamera Digital Sony: Harga yang Makin Mahal

Bersamaan dengan meningkatnya popularitas ponsel pintar saat ini, tentu hal ini berdampak kepada pasar kamera saku digital alias compact camera yang semakin lama semakin tenggelam di pasar gadget, termasuk juga dengan kamera digital Sony yang merupakan salah satu produsen terbesar dalam produk elektronik.

Terlihat dari lima bulan pertama di tahun 2013 ini, semua angka penjualan kamera saku secara global telah menurun drastis sebesar 42 persen. Menurut hasil penelitian di pasar konsumen, angka penjualan kamera digital mencapai puncaknya pada tahun 2010 yang lalu dengan angka penjualan sebesar 144 juta unit. Hingga tahun ini, angka tersebut menjadi mengecil menjadi 102 juta unit saja.

Harga Makin Mahal

Para produsen kamera digital tentu bereaksi atas kondisi pasar kamera digital yang saat ini mulai berubah. Mereka tentu memiliki strategi tersendiri dalam menghadapi pangsa pasar kali ini, salah satunya dengan memangkas model-model kamera saku dan lebih fokus untuk mendapatkan profit dari kamera-kamera jenis premium, misalnya seperti kamera dengan optical zoom lebih dari 10x atau kamera dengan sensor berukuran besar.

Terbukti dengan kinerja Sony yang memproduksi sebuah kamera premium di bulan Oktober lalu untuk menargetkan konsumen high-end, yaitu RX1R, yang menanamkan sensor full-frame dalam sebuah bodi kamera yang ringkas. Tentu ada harga, kualitas pun mengikuti. Harga kamera ini tidak murah, harganya mencapai 2.800 dollar AS per unit. Dengan hal ini, maka Sony berani deklarasi bahwa harga rata-rata kamera digital Sony telah meningkat 20 persen pada kuartal pertama di tahun 2013 ini.

Kamera Digital Sony: Harga yang Makin Mahal

Posisi kamera digital Sony dalam kasus ini, bisa dibilang unik, karena memang produsen tesebut meningkatkan kualitas sensor kamera ponsel pintarnya yang telah dibuat sehingga secara tidak langsung menggrogoti pasar kamera digital miliknya sendiri.

Selain itu, ada peluncuran kamera saku “full frame” dengan sejumla perangkat fotografi baru, yaitu kamera mirrorless, bernama NEX-5T. kamera digital Sony ini akan memiliki fitur Near-Field Communication (NFC) dan memakai sensor 16 megapiksel yang sama, seperti saudaranya terdahulu NEX-5R. Namun produksi kamera yang satu ini masih belum memiliki jadwal peluncuran yang pasti. Tunggu tanggal mainnya!

Dibaca 383 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>