Optimasi Fitur Shutter Speed dalam Kamera DSLR

Sumber: freshphotographer

Kecepatan Rana atau Shutter Speed merupakan salah satu fitur penting pada kamera DSLR. Shutter Speed adalah semacam layer yang berfungsi menutup sensor penangkap cahaya ketika memotret. Umumnya tingkat kecepatan rana dilambangkan dengan urutan angka mulai dari 8000, 4000, 2000, 1000, 500, 250, 125, 60 hingga 1. Angka tersebut kebalikan dari lama pejanan Shutter dalam satuan detik. Jika angka menunjukkan 30 itu berarti 1/30 detik dan seterusnya. Angka-angka tersebut tergantung pada produsen kamera yang menydiakan fitur tersebut.

Sumber: freshphotographer

Sumber: freshphotographer

Berikut cara memanfaatkan fitur Shutter Speed untuk menghasilkan foto yang bervariasi:

Shutter Speed sangat rendah

Pada pengaturan Shutter Speed biasanya digunakan oleh para fotografer untuk menghasilkan gambar yang unik. Misalkan kita memotret jalan raya pada malam hari dengan Shutter Speed rendah untuk menghasilkan efek jalur cahaya (lightrail). Untuk melakukan teknik ini para fotografer profesional biasanya memakai bantuan tripod agar momen yang ditangkap saat Shutter Speed tidak blur.

Shutter Speed sangat tinggi

Shtter Speed yang sangat tinggi digunakan untuk memotret obyek yang bergerak cepat seperti event olahraga dan binatang yang berlari. Semakin cepat obyek bergerak maka Shutter Speed berkecepatan tinggi akan dapat menangkap obyek.

Selamat mencoba

Dibaca 580 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>